Pekalongan Jateng – Kota terakhir aq bersinggah !!

 

Aq dan adhek ku, di Rumah Induk Pekadjangan
Aq dan adhek ku, di Rumah Induk Pekadjangan

Setiap orang memiliki tempat singgah ataupun tempat tinggal favorit,entah kota tersebut berada di luar pulau jawa seperti kota medan, kota jambi, kota Makassar, kota manado , kota Jogjakarta, kota Lombok serta kota lainnya pula bahkan ada yang cenderung ingin tinggal di Negara lain heheheee….  Ya setiap orang memiliki penilaian yang berbeda,terhadap kota nya masing msing …. Entah dengan sobat pembaca yach xixixiiiii……

yaaa  kota yang satu ini , yang sedang saya bicarakan di BLOG ku ini : sangat lah enak untuk saya menetap di kota ini …… betapa tidak kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini,sedang giat giat nya membangun …. Ya bisa dibilang membangun bidang infrastrukturnya lah,tapi saya yakin bahwa kota kota di Indonesia lainnya pun sedang giat giat nya membangun jaringan infrastruktur juga karena menurut saya pribadi infrastruktur di Indonesia masih sangat buruk dibandingkan dengan Negara di Asia tenggara ( ASEAN ) duh mendengarkan nya aku sungguh malu dan seharusnya tugas pemerintah lah beserta swasta dan stakeholder lainnya untuk satu kesatuan membangun infrastruktur yang modern dan canggih serta terkoneksinya Indonesia dengan transportasi yang memadai pula …. Nah Back To Topic yach : pekal ongan , ya menurut saya sendri dan kata ibu saya yang kebetulan lahir dan dibesarkan di kota pekalongan jawa tengah ini arti pekalongan yaitu kalong ataupun dalam Bahasa Indonesia nya berarti Kelelawar, ya mungkin saja orang orang tua dulu yang hidup di kota ini,yakin betul bahwa disini banyak sekali kelelawar yang berseliweran …… jadi besar kemungkinan kota ini dinamakan Kota pekalongan,saya sendri sech tidak mengerti & mengetahui sejarah berdirinya Kota ini …… Pernah pas saya dolanan alias sedang bermain ke sodara saya yang berada di Gang 15 pekadjangan * ( tulisan nya memang seperti inki guys,mungkin ini ejaan wong mbiyen o ) jadinya hrus ada huruf D nya xixixiiii,.. kok mereka semua kurang begitu memahami juga : tetapai kata nya wiwiek ( koQ nama dia kyak perempuan yach guys heheheeee, pdahal dia nya seorang pria tulen dan berbadan besar alias gemuk ) mengatakan kepada saya : pas kebetulan dia menggunakan bahasa pekalongan – kira2 dialognya seperti ini : oallah mas ikhsan,cok e mbiyen wonge do ngertos e ten mriko katah kalong nopo ( yang artinya Oallah mas ikhsan, mungkin dlu orangnya pada mengertinya disini itu banyak kelelawarnya apa ? )  saya sech manut manut wae alias saya manggut manggut aja dech dalam artian mungkin  artinya memang demikian adanya ……..

Aq sendiri memulai perjalanan ke kota ini,kira kira sekitar tahun 2007 an lah guys berada di kota tercinta ini…… kota yang menurut ku banyak memberikan sebuah inspirasi diri,dalam artian bahwa kehidupan ini sangat indah dan sungguh menyenangkan sekali dan bisa saling tuker pikiran serta berbagi kasih agar peduli sesame orang lain pula – itulah makna kehidupan guys ………. J  Di kota ini pula yang menurut saya kehidupan menjadi lebih bermakna , karena bisa dikatakan kuliner di kota ku ini ya lumayan enak juga lah alias maknyoozzz rasane jare Bondan Winarno …. Oiyaa guys disini jajanan kulinernya bisa jadi referensi juga loeh,jika sampeyan atau panjenengan sedang berda di Kota Pekalongan ( ya itung itung sambil berpromosi juga lah di BLOG ku ini heeheheeee J khan enggak ada salah nya tho ?? ) bener nggak guys ?? …..    Ya disni jajanan kulinernya begitu dahsyat dan menggiurkan pula,ada yang nama nya Pindang tetel, soto pekalongan, Sego Megono ( bukan Sego Kucing loeh,yo pokoknya namanya sama sama Sego lah hahahaaa aaaaa J ) pasti kalian smua pada ngiler dah membayangkan nya hay y haaayyyyyy ckckkckckc……..ngiler nggak ada salah nya kok,wong namanya makanan o : pastinya orang membayangkan nya pula seperti apa bentuk dan rupanya …. ,ada juga yang namanya Kluban Botok,  Tauto ( bukan Soto ya guys ) , Sate Kebo,  Gado – Gado ala Mbak Salma ( langganan ku nich guys, tempatnya memang sederhana ngunu dech )  ya mungkin kuliner khas pekalongan itu saja paling yach – ndak ngerti kalo di daerah seperti Wonopringgo, Krapyak Pekalongan ( entah yang lor nopo kidul ), wiradesa ( Nb : baca nya wirodeso ) mungkin bisa saja ada kuliner selain yang aku sebutkan diatas tadi ..

Tapi kalo mencicipi sebuah kuliner daerah,ya mungkin ada yang lidahnya cocok dengan makanan tersebut , ada pula yang lidahnya tuh piye piyeee ngunuu ( gimana gimana gitu rasanya ) semua itu tegantung orangnya juga kok : bisa saja kalo misalkan dia pendatang dari daerah Sulauwesi dataupun Sumatera sana bisa saja dia cocok makan makanan khas pekalongan itu ( sebabnya dia memang pecinta kuliner,dan soal rasa bagi dia nggak masalah ) asalkan enak gitu panganan nya hihihiiiiii J …. Algia dnega

Yuk qta bernostalgia dengan BLOG sederhana ku ini :

1 ) Masa Kecil dulu ( Masa Cilik Mbiyen )

Yups  masa kecil saya dulu, sewaktu di kota pekalongan ini,ya bisa dibilang lumayan membahagiakan juga lah …… Kenapa sebabnya karena waktu saya kelas 3 SD,saya setiap hari kalo mau ke sekolahan pasti aku dan adhek ku dianterin oleh Becak …. Tukang becaknya bernama Dekalil apa ya,tapi sekarng sang tukang becaknya sudah meninggal duni : saya malah baru mengetahui dia bahwa Dekalilnya * ( tukang becaknya ) telah tiada ya pas aku nya  dah dewasa berumur 25 tahun nan lah …. Ya bisa dibilang dekalil  ini,nih,langganan becak keluargaku mbiyen ….. kemana mana pasti sama becak yang satu ini,padahal kalo menurut saya pribadi : jarak antara rumahku * (Rumah induk keluargaku di pekadjangan )  dengan sekolahan ku di SD NEGERI 02 PODO lumayan jauh juga sech – mungkin karena sang tukang becak nya sudah terbiasa pergi yang jaraknya lumayan juga pula J .. saya sedih juga mendengar,bahwa dekalil nya telah meninggal duni : dan saya sering sekali pas waktu kecil dulu , maen ke rumah tukang becak e itu ….

2 ) Dolanan waktu KeciL ….

Banyak sekali dolaanan saya waktu masih kecil,antara lain maen gundu alias kelereng, maen minton ( Badminton, orang pekadjangan ngomong nya minton – mungkin disingkat kale yaach,biar simple aja pengucapan nya – namanya juga wong mbiyen ) , Kuis Kuis Sopo Kae ( Kuis Kuis Siapa Dia ) kae artinya dia , ya mungkin di daerah lain ada yang menyebutkan dengan kata Kui * sama saja sech artinya,ya beda pengucapan nya lah J …… , perang – perangan , Pit – Pitan atau yang berarti sepeda sepeda an —- dulu pas diriku masih SD ngunu, maen pit pitan nya yang tak bonceng malah cewek lagi heheheeee J , maklum lah guys khan Sodaranya dewe hiks hiks hiks ……..

3 ) Bahasa Jawa :  pelajaran yang berkesan buat diriku ….

Ya pelajaran ini memberikan aku nilai spirite yang sangat tinggi,sebabnya karena menurut saya belajar bahasa jawa ini * ( Khususnya jawa tengah ) memang sedikit agak sulit tuk kita pelajari nya .. ya bisa dibilang ada semacam tulisan Jawa Aslinya seperti Tulisan kanji yang berada di negeri Sakura Jepang …. Saya aja untuk  melafalkan tulisan Ho no co ro ko do to so wo lo po do joy o nyo ( yang bait terakhir,aku sedikit lupa : apakah berakhiran e atau o ) dan sekarang kemungkinan bahasa jawa nya bisa saja masih ada ato ( lha wong kullo wes dangu,mboten sinau bahasa jowo sech,yang artinya Lha wong aku dah lama sekali,nggak belajar bahasa jawa nya ) nah gitu kira kira,tapi sobat blog perlu mengetahui juga niech : bahwasanya saya sendri ngomong jowo ne nggak begitu lancar banget lah – soale aku nich jowo ne yoo jowo blasteran ngunu hihihihiiiiiii J tapi diriku tetap survive koQ menggunakan Bahasa Jawa tersebut hingga sekarang ini – tapi ya itu tadi ngomong jawa nya campur alias jawa plus Indonesia , maklum aja guys lha wong diriku terkdang berada di Medan – Jawa Timur Pare kampong Inggris – Jambi * ( sekolah SMU disana ) – Jogjakarta ( biasa ne aku jalan jalan tok ngunu heheheeee J ) – Wonosobo ( Jawa Tengah ) – Surabaya ( Jawa Timur,kalo di sini aku hanya sebentar tok nginep nya xixixiiiii : cman seharian aja e ) nah baru terakhir terakhir ini saya tinggal di kota pekalongan tercinta ……..    Kota yang saya anggap bisa memberikan sebuah inspirasi dalam berbagai hal,sebagai contohnya  mengerti arti sebuah kehidupa, berkomunikasi dan bermasyarakat ( bergaul ) , menjelajah dunia maya ( DUMAY ) dan berselancar di internet tentu saja 🙂 …… dan yang lebih terpenting lagi udaranya masih bagus dalam artian belum tercampur dengan polusi,karena saya tinggal di desa *( jadi menghirup udara segar,lebih bermakna ) daripada hidup dikota besar contohnya Jakarta dan sebagainya ….. Kemacetan, polusi udara, sampah berserakan serta banyak nya rumah kumuh …. Tapi bukan berarti saya menilai bahwa kota Jakarta itu jelek , hanya memberikan gambar saja dan toh memang kenyataan nya seperti itu khan hahahaaaaaaaaaaaa J tapi menurut hemat saya, saat ini pemerintaha Jakarta yang dipimpin oleh Gubernur Pak Joko Widodo beserta wakilnya yang bernama Basuki Tjahya Purnama alias Ahok : seperti nya saat saat ini,Jakarta sedang  giat giat nya berbenah ya guys heheheheee ????  Saya  berharap dibawah kepemimpinan Gubernur Jokowi dan ahok, tentunya  Jakarta akan secanggih dan modern  layaknya kota Singapura dan bahkan bisa menyaingi nya pula ……  Setuju khan kalian semua,dan semoga saja tahun tahun berikutnya : Pembangunan Transportasi missal yang digagas oleh gubernur beserta wakil gubernur nya seperti MRT – Monorel – Subway *( denger denger subway akan dibangun di Jakarta ??? Wah hebat donk ya,semoga aja bisa dibangun dan tidak molor pembangunan nya * amien ) – ERP – serta Giant Sea Wall – Deep Tunell serta membenahi seluruh pedestrian di Ibukota Jakarta – termasuk dalam hal ini pula membenahi OLD TOWN alias Kota Tua Jakarta seperti di museum fatahillah maupun penataan PKL nya juga – mempercantik terminal terminal bus ( dengan bentuk ornament Betawi ) – dan stasiun stasiun di Jakarta dan sekitarnya sepertinya juga sudah mulai dibenahi oleh Pihak PT . KAI dan serta pembangunan kampong deret , kedepan nya saya berharap ditangan nya Pak Jokowi Ahok Jakarta disulap seperti layaknya kota Singapura …Jika program tersebut berhasil dilaksanakan , maka tentu saja Negara ini akan bangga terhadap kepemimpinan Gubernur yang satu ini,serta saya selaku penulis blog artikel ini salut dech ( Tak kasih 100 jempol heheheeeee J) dalam hal ini warga pekalongan pasti mendukung gagasan nya mereka …. Syukur syukur suatu saat nanti,bila saya berkunjung ke Ibukota Jakarta sudah berubah total … * amien ya rabb ……..* (  Sumber berita : Reportase Sore di Trans TV – www.detik.com, – republika online – www.vivanews.com – kompas serta sumber sumber yang terpercaya dech ) oiyaaa guys : menurut kalian semua penting tidak , sebuah bahasa daerah dipertahankan dan dipelihara ???? hayooo apa jawaban kalian —- > ya menurut saya pribadi – sebuah  Bahasa Daerah  – entah itu bahasa  Minang Padang – Bahasa  Karo Medan Sumatera Utara – Bahasa Dayak Kalimantan  – Bahasa  Makassar – Bahasa Papua , sejatinya akan terus terpelihara oleh masyarakat atau kaum yang menempati daerah tersebut serta selalu memberikan pengarahan dan terus memberikan semangat dan motivasi , agar keberadaan bahasa daerah di Indonesia – tidak punah termakan usia ….. KoQ bahasa nya kayak ahli sejarah saja dech hihihiiiii J , ya saya hanya mengingatkan saja agar semua bahasa daerah di Indonesia tercinta ini,tidak punah serta terus menerus dijaga eksitensinya oleh warga / masyarakat sekitar nya dan ternyata keberagaman bahasa Indonesia ini sungguh sungguh luar biasa bila terus dipertahankan keberadaan nya …….

4 )  Si MaiL , Pak Tua yang selalu akrab dengan Mas Abdullah ( sepupuku )

Yups saya menamakan dia si mail, karena hingga sekarang saya belum mngetahui nama asli nya dia siapa pemirsa heheheeeeee J saya hanya mengetahui  dari tetangganya saja,bahwa dia jenenge mail …. Ya waktu kecil dulu, pas saya tinggal di Rumah Budhe ku yang bernama Bu Zakiyah  di pekadjangan  : sering banget mas Abdullah nya itu , disisirin oleh sini mail itu hiks hiks hiks – antara percaya dan ndak percaya toh ??? saya juga demikian,tapi memang sech suatu ketika saya melihat dengan mata kepala saya sendiri : mas dullah e lagi disisirin,sama si pak tua itu hihihiiiii ( kalo mengingat kejadian tersebut,jadi pengen ketawa sobat blog ku heheheeeeeee J …. Karena memang lucu sech mengingatnya , untungnya nggak di buat VIDEO yach hahaahaaaaaaaaaaaa ……..  jiah sang penulis jadi ketawa niech  ^-^ , bukan nya tertawa itu sehat ???? bener khan …….

5 )  Makanan Kesukaan Q Mbiyen ……

Kira kira apa niech guys,makanana kesukaan Q Mbiyen ???? ada yang tau enggak ya xixixixiiiii ……. Nah kalo soal yang ini,saya hobbi nya melahap jajanan yang satu ini : jajanan yang bisa dibilang , khusus wong ndeso tapi bukan berarti tidak mengandung nutrisi yang sehat heheheeee ……. Pindang tetel yach pindang tetel ini selalu saya beli,jika saya lagi di pekalongan – mungkin karena lidah saya cocok dengan panganan tersebut jadi nya rasane kok penak penak wae yoo guys ….. Dulu penjual pindang tetel nya kebnyakan dilakoni oleh Mbak mbak atau ibu ibu,tapi sekarang kalo tak perhatiin : malah kaum bapak bpak yang menjual panganan ( makanan ) tersebut ,entah kenapa penjual wanita nya ( ibu ibunya ) sudah jarang keliatan lagi —  penjual nya memakai sepeda onthel ( wah kalo sampeyan sampeyan , yang tinggal di pulau jawa ndak mengerti welleh welleh , kebangetan buanget dach gubbraakkkkkk wkwkkwkwwkwk J , nah bagi yang orang luar jawa bisa browsing di dunia intenet yach hihihiiiii : maklum aja sob ane,nggak punya foto nya e hihihiiii : soalnya kalo sekarang sekarang ini,penjual pindang tetel nya sudah podo longko ( alias jarang ditemukan lagi ) nggak tau dech penjual  nya pada kemana yach …. Mungkin saja masih ada segelintiran orang yang mempertahankan jajanan tersebut … ya penjual nya memakai sepeda Onthel,serta dibelakang e tersebut ada semacam wadah ato tempat untuk pindang tetel ny tersebut dan juga yang lebih mengherankan lagi : KoQ bisa bisa nya tempatnya itu dari Daon Pisang guys, padahal pindang tetel e deweee puanass eeee puoLLLL rekkk ….. alias pindang tetel nya panas banget,koq bisa gitu yaaachhhh …..orang dulu pancen canggih2 guys,dlam artian koq zaman yang sudah secanggih dan modern ini : masih juga menggunakan daon pisang – ya bentuk daon pisangnya seperti bentuk kapal saja guys ….. jadi keingetan kue khas di Kota Jambi dech,bentuk nya Seperti kapal juga  nama nya Kue kapal apa yach …….. ya rasanya enak juga sech Kue kapalnya tersebut … Btw salut dech buat para penjual Pindang Tetel yang berada di kota ku ini heheheeee J hebat hebat ternyata wong mbiyen, nggak nyangka diriku … ide mereka meracik makanan tersebut cemerlang juga, membanggakan memang ……….

6 ) Sepur – sepuran dan Mobil Tamiyaaa n

Ya sepur yang dalam bahasa jawa artinya kereta api, menjadi maenan kegemaran ku dulu, ya pokoknya saya dan adik saya selalu klo msih keciL ngunuuu pasti dolanan ne yo sepur sepuran gitu dechh ………. Ada rel kereta apinya, jembatan nya , lokomotif , gerbong barang dan gerbong penumpang serta taman taman kecil disamping menambah semarak kereta api tersebut hihihiiii  sedangkan mobil tamiya nya sebenarnya waktu kecil belum terlalu minat banget lah,paling pas SD nya baru tuch saya dan adek ku Irkham maen tamiya – tamiyaan tuch  * yach seperti jadi adu jalanan ngunuuu guys ….. maen nya juga nang omahe dewe oo * ( maen nya dirumah sendri oo ) jadi nya enak gitu,alias tidak ada hambatan karena Rumah induk di pekadjangan dulu khan Ombo lan Dowo dowooo sech * ( Luas dan panjang panjang rumahnya alias lebar buangetzz .. bukan nya ingin memuji loeh, lha wong memang rumahnya begitu luas dan lebar kok – minimal sampe 1000 meter lah tanah disana ………..

7 ) Kuis Kuis Siapa Dia Versi  Pekalongan

Dulu yang mencetuskan ide permainan ini adalah Mas Abdullah, yupzz dia sendiri yang ingin ada suatu permainan seperti di Jakarta ya Kuis Kuis siapa dia itu tapi berhubung saya tinggal di kota pekalongan , jadinya diubah judulnya itu yakni Kuis Kuis Sopo kae …………  ya cara permainan nya sangat mudah koQ guys, jadi gini – kalo ini mas versi pekalongan nya yooo hihihiiiii – waktu itu pas kebetulan dolanan ini  tepatnya di Rumah e Budhe Wo Zak ( yups saya waktu kecil, biasa ne manggil nya ya siwo zak – siwo zak ngunu – sampe sekarng koQ ) di gang 9 pekadjangan nah di tengah halaman nya deket kolam iwak apa ( red : iwak = ikan * ) disana disediakan 5 kursi kayu berwarna putih guys, nah terus yang maen dulu namnya : Dhek Kiky , dhek Itaa, dhek Mimien , dhek Nina, dhek Lia serta aQ ( ikhsan ) dan irkham adek Q * kok  jenenge iso kembar ngunuu yach guys hahahahaaaaa  J , namanya juga adek kakak oo……   lanjut ke permainan tadi yakkzz, setelah para peserta cowok dan cewek duduk di kursi tersebut Mas Abdullah * sang juri alias MC nya  —  ( kalo di TVRI – Krisbiatoro apa yang jadi MC nya hehheeeee , kalo salah tlong diberi tahukan yach siapa nama nya hehehehee ) memberikan sebuah pertanyaan dan kalo mengenang kejadian t ersebut lucu gitu dech ;;;;;; pokoknya permainan dulu, sulit untuk saya hilangkan biarpun maenan tersebut sudah using atau belum tergantung para anak kecilnya yang menjaga keberadaan dolanan ku mbiyen xixixixiiiiiiiii J , tapi nggak tau deng : apakah masih sama seperti aku dulu ataukah sudah berubah total ……… Semoga saja belum yach guys, eman eman dunk ya : dolanan ku mbiyen belum usang  karena factor teknologi canggih anak sekarang ini – misalkan  Ipod – iphone – gadget anyar – X BoX – PS 3 ato memasuki PS 5 niech – Android  – Mp4- Youtube – Tablet Samsung dan merek lainnya pula — wah menurut saya apabila otak mereka sudah teracuni maupun terinfeksi oleh virus virus yang brusan saya bilang tersebut : sangat disyangkan sekali,takutnya pola pikir mereka sudah berubah lagi …. Ya pokoknya bernostalgia gak akan habis pembahasan nya, bisa berpuluh puluh halaman mungkin heheheeee J semoga saja artikel ku ini,bisa menghibur kalian yach …….. Eeeitsss  ojooo lali komentar nya hahaahahaaaaaa J  * #ngarep.com niech huweeeeek ………….. sekian ………………

Iklan

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan,n dilarang spam .

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s