Dolanan Waktu KeciL

Yupzz dolanan yang dalam bahasa jawa,yang berarti permainan,atau mainan : sangat digemari oleh anak kecil sepantaran saya,ya dulu saya masih kecil sekali sobat blogger ku ….. Ya masa kecilku yang lebih bnyak di kota batik pekalongan jawa tengah,sangat lah pada waktunya (kok kayak slogan iklan wae yoo heheheheeeeee  )

 

 

Dulu pas waktu saya masih kelas 4 SD,tepatnya di SD PODO pekalongan,ya masih enci encinya saya : alias masih kecil banget,dlu kalo setiap pulang sekolah selalu dianterin oleh sebuah becak … becak yang sngat lawas dan jadoel tentunya .. Tukang becaknya tersebut bernama Dekalil,yang pasti cara penulisan orang tersebut saya tidak tahu menahu … karena anda sendiri pasti paham benar,kalau orang dlu khan – sebuah nama ya ada jowo jowo ne ngono (ada beraksen jawa jawa gitu ) ya orang nya sangat baek banget terhadap saya dan adik saya…. Kala itu saya (ikhsan) serta adek sya (irkham) duh dua nama ini : begitu indah sekali ya,lha wong adik kakak kok yo mesti ada keterkaitan nya dech heheheeee  J saya waktu itu kelas 4 sd,sedangkan adek saya kelas 3 sd dan sama sama sekolah di SD 3 PODO,tapi setelah saya berumur hamper 29 taonan : wajahnya tidak berubah sama sekali,yang ada cumin penambahan ruangan serta sekolahan nya tingkat dua ……. 

 

tapi saya sangat bersyukur sekali sekolah disana,karena kampong ku emang di pekalongan jateng : tepatnya di pekadjangan *tulisan ne memang seperti ini,mungkin ada ejaan orang mbiyen nya (dulunya ) kaleee… nah pas waktu saya tinggal di pekadjangan tersebut saya sering kale,dolanan pit-pit an (maenan sepeda-sepedaan ) maaf jadi bahasa jawa nih ngomong nya xixixiii,,,gpp toh sobat bloggers ?? J eh iya sobat blogger ku,yang tercinta : aku dlu punya permaenan yang enggak bisa aku lupakan,sepanjang hidup ku ckckkckck ………..halaahhhh ngomong opo toh yooo,diriku ini @@@ …… Okeyyyy back to storey :: eh salah deng,maksudnya aku back to story yang bener J …… makan sambil nulis artikel,ternyata mengasyikkan juga ya sobat blog ku : ya tapi emang tidak mudah,menelurkan ide ide yang segar _ tapi bathin terpuaskan kok yaaaaaa ………… udah ah guyonan nya,ntar ni artikel ndak selesai selesai nih ……………

 

oiyaaa sobat blogger ku,mbiyen pas kulo tasih alit,aku lan sederek kulo : wonten dolanan sing jenenge kuiz-kuizz sopo kaee (yang artinya waktu dlu pas aku masih kecil,dan sodaraku yang dipekalongan ;ada permaenan yang namanya kuiz-kuiz siapa dia ????  Mungkin apa karena terinspirasi,dari mas krisbiantoro itu yang membawakan acara di TVRI yang berjudul kuis-kuis siapa dia,tapi ini karena permainan nya di jawa: ya ditranslate ke jowo dech hihihiiiii J terkdang lucu jga denger e yaaakkzzz … Ya permainan yang diperankan oleh sodara sodaraku yang dipekalongan itu,antara lain yakni (kayak pemain sinetron aja dech xixixixi J ) jadi malu nieh …… Ya ada mas Abdullah,ada ikhsan dan irkham (saya dan adhek saya sendri),ada dhek Nina dan dhek Lia(pas kbetulan mereka berdua,juga adik kakak juga),serta dhek Kiky… Dolanan ini seinget saya,sangat mengasyikkan juga tuch sobat blogger ku ….. karena permainan ini,kita kita duduk di sebuah kursi *nb: pas kebetulan juga,kursi ny berwarna putih dan duduk ny sendri2 pula ,, tapi dalam pengertian hal ini,duduk nya agak memanjang … cara kerja permaianan ini: para peserta duduk dengan manis,ada cwok ceweknya serta yang menjadi jurinya sendri ya mas Abdullah itu sendri,, ….. sebelum sodaraku dieksekusi terlebih dahulu (kok bahasa nya sereemm amir yaakkkzzz),qta semua bernegosiasi dlu : akan dijadikan seperti apakah,nieh orang ??? dalam artian si sodaraku ini,apakah mau jadi pesulap/ahli maen kartu dan sebagainya…..   Ciiiaaaaattttt dan akhirnya pun,dolanan waktu kecil pun beraksi… hiaatttttt J …ya aku pas waktu itu,lupa juga jadi apakah yaaa ??? tapi seinget ku,yang jadi pelakunya yaitu dhek Kiky….Tapi dasar anak anak mbiyen yakkk,namanya juga permainan ecek2 alias pura2 sperti yang di tivi itu :: ada canda gurau nya juga dech ….    

 

Setelah permainan berjalan sekitar satu jam an bergulir,akhirnya dhek kiky ini berdiri…. Yups dolanan ini,kalo yang menang pasti disuruh berdiri.. bgitu juga yang terjadi oleh dhek Kiky….. Mungkin karena si panelis,atau si penebak tugas ini salah,otomatis panelisnya pada kena judge alias hukuman ngono dech… ya hukuman nya enggak seperti koruptor-koruptor yang ada di televise itu,hukuman nya cman dikasih bedak doing serta palingan tangan si panelisnya tersebut malah di pukul pake kayu hihihiiii….Ya walaupun kejadian ini sudah lama banget terjadinya,tapi terkdang kalo saya sedang maen kerumah mereka itu : ya mereka suka mengingat ngingat kembali ,kejadian tersebut … entah karena lucu,entah ye memerankan dia sendri,palingan dalam benak sang anak kecil tersebut : ada kenangan yang yang bisa dilupakan begitu saja,kalian pastinya punya dunk cerita cerita seperti itu toh : yang membuat cerita itu,lucu-kekanak kanakkan-memori untuk diinget serta nostalgia zaman dlu dan bahkan ada juga cerita masa kecil mereka,dia dokumentasikan melalui sebuh buku dan ada juga yang via blog maupun wordpress seperti saya ini …….. Akhir kata semoga cerita ini menghibur,sebenarnya sech aku pengen sekali buat cerita zaman dlu sebnyak banyak nya : tapi karena ceritaku itu,kebnyakan tentang kesedihan belaka –takutnya si pembaca artikel ku ini terharu dan menangis termehek mehek lagi wkekekekkekekkkkeeeeeeeeee J … pengen diartikan ke bahasa jawa,takutnya orang orang seperti diluar jawa : ya kayak orang sumatera,kalimntan-sulauwesi Lombok-bali dan papua- pada tidak mngerti lagi,karena bahasa Indonesia yang saya pilih .. jadinya khan tidak ada kehwatiran,tuk tidak mngerti arti bahasa tersebut dalam artian terjemahan nyaaa……….. Oh iyaaa sobat bloggerku,kalo sampeyan sampeyan punya cerita seperti saya ini,monggo dishare mawon ten mriki yang artinya : silahkan cerita saaja,di blog ku ini …… blog ku ini,bebas berekspresi: tapi inget ya konco sederek,ojo sampe bablazzz loeh hahahaaaaaa………….. okey sobat blogger,dah dlu yach ceritaku ini….. semoga bermanfaat ,kalo ada yang mo curhat ma aku : monggo wae.. matur nuwun sakdurungnipun ………….. wassalam …… 

Iklan

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan,n dilarang spam .

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s