Ikhlas, Kunci Setiap Perbuatan

Amal zahir adalah kerangka sedangkan rohnya adalah ikhlas yang terdapat dengan tersembunyi dalam amalan itu

Amal lahiriah digambarkan sebagai batang tubuh dan ikhlas pula digambarkan se-bagai nyawa yang menghidupkan batang tubuh itu. Sekiranya kita kurang mendapat kesan yang baik daripada latihan kerohanian hen-daklah kita merenung dengan men-dalam tubuh amal apakah  ia ber-nyawa ataukah tidak ?? …

Kalam Hikmat ini membina jembatan yang menghubungkan hal dengan ikhlas. Hamba yang ikhlas berada dalam pemeliharaan ALLAH SWT. Apabila dia dirangsang untuk melakukasn kejahatan dan kekotoran , Nur Rahasia ALLAH SWT akan memancar di hati nya se-hingga dia menyaksikan dengan jelas akan tanda – tanda ALLAH SWT dan sekaligus meleburtkan rangsangan jahat tadi.

Inilah tingkat ikhlas yang tertinggi yang dimiliki oleh orang arif dan hampir dengan ALLAH SWT .  Mata hati-nya senantiasa memandang ALLAH SWT , tidak pada dirinya dan perbuatan nya. Orang yang berada di dalam tingkat ikhlas tertinggi ini senantiasa dalam keridhaan ALLAH SWT baik semasa beramal ataupun tidak ( Sang penulis termasuk tidak ya,hehehehe 🙂 ) semoga saja termasuk tapi sulit untuk merealisasikannya !!! .. Sekalipun sukar mencapai peringkat ikhlas yang tertinggi namun , haruslah diusahakan agar diperoleh keadaan hati yang ikhlas dalam segala perbuatan baik yang lahir maupun yang bathin. Orang yang telah tumbuh didalam hatinya rasa kasih ALLAH SWT akan berusaha membentuk hati yang ikhlas. Mata hatinya melihat bahwa ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Agung dan dirinya hanyalah hamba yang hina.  Hamba yang berkewajiban tunduk , patuh dan taat kepada Tuhannya.  Orang yang berada pada tingkatan ini , maka ketika beramal hanya karena ALLAH SWT. Karena ALLAH SWT yang memerintah kan supaya beramal , berhak ditaati , perintah – Nya wajib dilaksanakan , semuanya karena ALLAH SWT tidak karena sesuatu yang lain.

Golongan ini sudah dapat melawan hawa nafsu yang rendah dan pesona dunia tetapi dia masih melihat dirinya disamping ALLAH SWT .. Dia masih melihat dirinya yang melakukan amal.  Dia gembira karena menjadi hamba ALLAH SWT yang beramal karena ALLAH SWT . Sifat kemanusiaan biasa masih memperngaruhi hatinya…

Setelah kerohanian nya meningkat hatinya dikuasai sepenuh oleh ALLAH SWT, menjadi orang arif yang tidak lagi melihat dirinya dan amalnya tetapi melihat ALLAH SWT , Sifat sifat Nya dan perbuatan – Nya . Apa saja yang ada padanya adalah Anugerah ALLAH SWT  bukan amal yang muncul dari kekuatan diri nya.

Tingkat keikhlasan yang paling rendah ialah apabila amal perbuatan bersih daripada riak yang jelas dan samar tetapi masih terikat dengan keinginan kepada pahala yang dijanjikan ALLAH SWT …. Ikhlas seperti ini dimiliki oleh orang yang masih kuat bersandar ke-pada amal ,  yaitu hamba yang mentaati Tuhan-nya karena mengharapkan pahala dari Nya . Dibawah tingkatan ini  tidak dinamakan ikhlas lagi. Tanpa ikhlas seseorang beramal karena sesuatu muslihat keduniaan , ingin dipuji , ingin menutup kejahatan nya agar orang lain percaya kepadanya dan bermacam-macam lagi muslihat yang rendah . Orang dari golongan ini walaupun banyak melakukan amal namun amalan mereka adalah umpama tubuh yang tidak bernyawa , tidak dapat menolong pelakunya. Setiap orang yang beriman kepada ALLAH SWT haruslah mengusahakan  ikhlas pada setiap amalannya baik yang bersifat kebiasaan karena tanpa ikhlas syirik lah yang menyertai amalan tersebut.

Demikianlah , ikhlas merupakan kunci amalan hati . Semua amal shalih tidak akan sia-sia tanpa dilandasi ke-ikhlasan. Karena diterima atau tidaknya suatu amal akan tergantung kepada ke-ikhlasan hamba yang hanya diketahui oleh ALLAH SWT semata. Ingat , ALLAH tidak akan memberi air susu kecuali susu  itu bersih dan jernih. Akankah kita memberi – Nya amal yang tercampur ???

Semoga saja artikel ku ini membawa manfaat bagi kalian semuanya amien ya robbi. dan Insya ALLAH masing masingpribadi bisa melakukan perbuatan tersebut tanpa di iming imingi oleh ataupun mengharapka  pahala sekalipun. Oia apabila anda tertarik pada artikelku ini yang berjudul : Ikhlas, Kunci Setiap Perbuatan ya silahkan saja anda copy paste,mereplay serta di posting ke blognya kalian : asalkan menyertakan URL nya wordpress nya aku yaaa hehehehe 🙂 oke

Iklan

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan,n dilarang spam .

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s