Tips Untuk Menulis

Ketika awal awal belajar naik sepeda, kita merasa sulit bukan main . Keseimbangan tubuh sulit terkontrol. Kita jatuh bangun berkali kali. Tetapi setelah bisa, maka naik sepeda terasa mudah .

Menulis juga begitu. Pada awalnya terasa sulit. Ide seret. Tema mampet. Tapi lama lama, setelah terbiasa, akhirnya lancar juga .

Perasaan sulit untuk memulai menuli, memang merupaka masalah umum yang dialami penulis pemula ( seperti saya ini heheheee 🙂 ) . Padahal jika diteruskan dengan segenap kemampuan, setelah beberapa kali gagal akhirnya berhasil juga …

Ini dia tips untuk menulis yang simple dan praktis,semoga berhasil ya :

1 ) Memulai ..

Ya memulai .. Memulai menulis.

Jika kita sudah menulis, pasti ada jalanuntuk meneruskan nya, asal tidak putus asa. Karena itu, jangan pernah pusing menilai ” tulisan yang masih ada di otak ” atau belum tergores. Memikirkan hal itu membuang buang waktu. itu dunia para pelamun. Tulislah sekarang juga, lalu nilailah, perbaiki atau diskusikan. Dengan demikian, kita akan belajar darinya.

Ibarat resep masakan, ia belum berasa. Tetapi manakala telah menjadi masakan, ia bisa dicicipi. Kalau kurang asin, bisa ditambah garam . Kalau kurang sedap, bisa ditambah penyedap rasa dll nya .

Maka nya, tuangkan, lahirkan, tuliskan sekarang juga ! Jangan tunggu besok atau lusa, dijamin anda tidak akan pernah menulis sampai mati . Jangan pernah memikirkan apa yang akan ditulis, tetapi tulislah apa yang ada di pikiran .

2 ) Membiasakan …

Setelah problem ” memulai ” teratasi, problem selanjutnya yang kerap muncul adalah membiasakan dan melatih kemampuan terus menerus. Floyd G Arpan mengatakan : ” Kecakapan menulis tak akan begitu sqaja jatuh dari langit. Tapi kecakapan itu baru bisa dicapai dengan jalan berlatih.

3 ) Bermental Baja …….

Seorang penulis harus selalu optimis, bersemangat, dan siap menghadapi segala rintangan.Dahulukan kerja keras, hasil belakangan. Berprestasi dulu, baru memetik hasil.  Teruslah berlatih, jangan mudah putus asakarena putus asa dalah racun bagi kesuksesan .

Penulis tidak boleh cengeng ataupun sering berkeluh kesah. Banyak penulis ternama yang naskahnya ditolak sampai 600 kali

Hernowo General Manager Editor Mizan, mengaku tulisannya baru dimuat disebuah majalah bergengsi , setelah ratusan naskahnya ditolak. Alex Halley naskahnya ditolak sampai 200 kali. Di franscisco menerima 600 sutar penolakan. Pengarang kodang dari Inggris Jophn Creasy, menyimpan 774 naskah *(Pikiran Rakyat, 27 Juli 2002 ) . Nah anda sudah ditolak berapa kali oleh penerbit ??

Ingat sebuah pesan : kesuksesan akan datang kepada mereka yang berusaha mendapatkan, bukan kepada mereka yang hanya mengharapkan ….

* ( SIPE dari berbagai sumber ) yuk di share tulisan ku ini ……..

Iklan

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan,n dilarang spam .

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s