Menyukai Berbagai Bahasa Daerah di indonesia

Kelihatan nya judul di atas tersebut agak aneh ya,emang begitulah tema untuk siang hari ini sobat bloggers ku yang tercinta dan kusayangi… Ya kenapa saya kasih judul tersebut.karena saya sendiri orang nya emang selalu penasaran dengan logat daerah dari luar jawa: seperti jambi medan padang dari sumatera serta dari kota makassar ujung pandang sulauwesi utara …

Yups mungkin karena latar belakang tinggalku selalu nomaden,alias selalu berpindah ketempat laennya juga: so pasti aku harus tanggap dan sigap dengan

lingkungan yang ada di daerah sekitar ku tersebut exactly,kita hidup dimana pun juga harus selalu menyesuaikan kondisi daerah setempat…………. Kita ambil contoh,misalnya di daerah jawa barat sunda: otomatis qta mesti ngomong nya kayak urang sunda gitu: contohnya parantos (Aku nggak tau artinya),nami na saha (namanya siapa?),kunaon atuh ( gimana seh ),neng geulis ( wanita cantik ) aya aya wae ( ada ada saja

) ya aku hanya menguasai bahasa sunda seputaran itu saja sedangkan bahasa laennya yang aku kuasai selain bahasa sunda yaitu: seperti jambi dengan dialek sebagai berikut : nak kemano awak tu yang artinya mau kemana kamunya tuh ?, kagek artinya ntar/nanti,betino dan jantan alias artinya wanita dan pria, macem mano budak tuh artinya kaya gimana seh anaknya itu ?, lolo nian kau ni artinya bodoh banget kamu ya,ya dan laennya juga lah karena saya di jambi udah ada sekitar 3 tahunan lah disana nya so pasti aku selalu ingat akan bahasa daerah saya,ya biarpun aku masih di kota jawa timur juga: aku masih inget kok,percakapan kota jambi tersebut sedangkan kalo kota minangkabau padang: aku paling tau nya seperti rancak bana yang artinya enak banget, ayam den lapeh ( itu judul lagu kayaknya),dan yang satunya lagi yaitu bahasa ujung pandang bugis apa ya: seperti apa kareba,mesrti orang sana jawabnya baji baji : itu artinya kira kira: apa kabarmu? dan jawabannya baek baeklah……. Memang seh dari dulu hingga sekarang pun,saya emang tetap menyukai bahasa daerah di indonesia ini,serta sedikit sedikit dialog nya memakai bahasa inggris juga …………….. Karena kebetulan sekali,saya pas tinggal di kota ini: saya pernah ikut kursus bahasa inggris juga ( Nama kursus an nya The ONTHEL ) dan hanya ambil program speaking saja yang dua mingguan itupun bayarnya tergolong murah- sobat blogger ku hanya sekitar 50 ribuan saja kok… tapi karena saya udah jarang ngomong bahasa inggris lagi,so aku yang inget hanya sedikit sedikit saja kok nggak terlalu banyak ( aku juga heran terkadang kalo pas sekolah di aliyah dulu di kota jambi,teman ku bilang: mas kamu kok pinter banget ya bahasa inggrisnya: padahal aku orang nya biasa saja-enggak terlalu pinter banget lah. Ntar kalo pinter banget,dikira nya sombong lagi ( hehehehe ) bener nggak sobat blogger ku,kalo dipikir pikir xixixiixi…………. Pernah pas waktu aku join room di yahoo messenger,aku chatting sama orang india ataupun dari negara eropa gitu dech… untung nya aku bisa jawab sedikit demi sedikit,dan penilaian mereka tentang bahasa inggrisku katanya lumayan bagus juga lah ( not so bad,katanya mereka loe ) tapi enggak tau kalo sekarang di test,sama bule yang asli ya wkakakkaa……mungkin aku sedikit bingung kale,hikz hikz hikz…. kalo bahasa jawa aku emang jagonya bercelotoh gitu: seperti bade ten pundi: mau kemana, nami na sinten( nama nya siapa ) atau bisa juga dengan logat seperti ini: jenenge sinten (Red : jawa halus /sopo (jawa kasar),griyo ne pundi (rumahnya dimana ), mboten ngertos ( Nggak mengerti), mboten nopo nopo ( nggak papa papa ), rencang kulo * red bahasa kromo inggil ( halus banget ngomong nya artinya teman sedangkan kasarnya konco ……… Ya menurut ku indah nya kebersamaan itu emang nikmat kok ya,ya contohnya dengan menggunakan bahasa setempat itu dan kita bisa lebih mengenal dengan budaya nya juga,sejarahnya,makanan khas nya,logatnya termasuk serta daerah pariwisata yang ada di lingkungan setempat: pokoknya jangan sungkan sungkan lah alias malu malu menggunakan bahasa setempat,kalo aku dah terbiasa gitu: kenapa kalian tidak bisa,.mesti aku yakin kamu juga bisa kok ………. Ya intinya agar selalu bisa memakai dan lancar ngomongnya: nieh saya kasih trik dan trip nya ya :

1 ) Timbulkan rasa kepercayaan dirimu,terhadap logat daerah setempat: seperti jawa contoh mudahnya
2 ) Bertanya kepada orang setempat,yang ahli atopun pinter pake bahasa nya tersebut….
3 ) Selalu menghapal kata demi kata,insya allah kamu akan mengerti maksudnya serta penulisan nya
4 ) Biasakan lah ngomong bahasa jawa,itu contoh kecil nya dalam kehidupan sehari harinya ………..
5 ) Coba sekali kali kamu beli kamus terjemahan bahasa indonesia jawa; agar kamu paham juga toh….
6 ) Sering mendengarkan percakapan orang laennya juga,agar kamu mengerti
7 ) Langsung deh kamu praktekkan dengan sodaramu ataupun tetangga dekat rumah mu : bisa enggak kamu ngomong logat setempatnya
8 ) Insya ALLAH kamu bisa kok,selalu percaya diri optimis dan buang jauh jauh rasa pesimis dalam benak hatimu ……………so enjoy its

Semoga saja apa yang saya katakan diatas tersebut,bermanfaat dan bisa share pengalaman pada hal khalayak seperti kalian ……..

Thanks telah berkunjung di website ku,yang masih berumur muda ini ………

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan,n dilarang spam .